Searching...
Friday, November 7, 2014

Macam dan Pengertian Selection Tool Pada Photoshop

17:33
Kali ini kita akan belajar tentang macam-macam selection tool pada photoshop dan pengertiannya. Marquee tool, Lasso tool, Quick Selection Tool, Magic Wand Tool.

Pertama, mari kita cermati gambar di bawah ini. Semua tools sudah saya ringkas dalam sebuah gambar agar mudah dipahami dan mudah dalam membandingkannya. Disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS3

(klik pada gambar untuk memperbesar)
macam-macam selection tool


Mari kita bahas satu persatu tools di atas secara pelan-pelan agar paham.

Ada 3 kategori selection tool pada Tool Box.

Pertama



Rectangular Marquee Tool : Untuk membuat seleksi berbentuk persegi atau persegi panjang. Caranya, klik lalu drag seluas daerah yang diinginkan. Untuk membuat bentuk segi empat, kotak, atau persegi sempurna, caranya tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard, lalu klik dan drag seluas atau sebesar yang diinginkan.

Elliptical Marquee Tool : Mirip dengan Rectangular Marquee Tool. Untuk membuat seleksi berbentuk elips atau lingkaran. Caranya klik dan drag sebesar yang kita inginkan. Untuk membuat bentuk lingkaran sempurna, caranya tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard, lalu klik dan drag seluas atau sebesar yang diinginkan.

Single Row Marquee Tool : Untuk membuat seleksi berbentuk garis horizontal sepanjang gambar atau disebut baris(row). Caranya, klik pada daerah yang diinginkan, atau klik dan tahan dan pindah kan ke daerah yang diinginkan.

Single Column Marquee Tool : Mirip dengan Single Row Marquee Tool. Untuk membuat seleksi berbentuk garis vertikal sepanjang lebar gambar atau disebut kolom(column). Caranya, klik pada daerah yang diinginkan, atau klik dan tahan dan pindah kan ke daerah yang diinginkan.


Kedua



Lasso Tool : Untuk membuat seleksi berbentuk bebas, seperti contoh pada gambar di atas, saya membuat bentuk hati. Cara menggunakan tool ini, klik dan tahan, bentuk sesuai keinginan, dan hubungkan ujung-ujung garis. Jika garis belum terhubung tetapi klik sudah dilepas, ujung-ujungnya akan otomatis terhubung lurus.

Polygonal Lasso Tool : Untuk membuat seleksi berbentuk poligon. Poligon adalah bidang dengan beberapa sisi. Coba lihat pada gambar. Cara membuatnya, klik pada gambar, geser kursor, klik lagi, dan seterusnya hingga kembali ke titik awal klik. Bisa juga yang terakhir klik 2 kali untuk otomatis kembali ke titik awal.

Magnetic Lasso Tool : Untuk membuat seleksi sesuai dengan bentuk benda. Caranya klik dan kelilingi bagian benda yang ingin di seleksi. Pada contoh di atas saya menyeleksi sebuah mic. Maka saya akan klik pada salah satu tepi mic, dan mengelilingi mic tersebut, maka akan otomatis membentuk mic. Semakin besar pixel/ukuran gambar, maka akan lebih mudah sesuai dengan apa yang diinginkan. Saat saya menyeleksi mic di atas, tidak terlalu rata karena garis tepi mic tidak jelas akibat pixel yang kecil pada gambar tersebut.  


Ketiga



Quick Selection Tool : Untuk membuat seleksi pada gambar secara cepat. Akan menyesuaikan tepi gambar secara otomatis, jika tepinya jelas. Caranya ada 2, pertama, klik, tahan, dan gerakkan ke daerah yang ingin diseleksi. Kedua,  klik by klik, maksudnya klik pada suatu daerah, lalu klik lagi ke daerah didekatnya yang ingin di seleksi. Seleksi akan terjadi secara otomatis.

Magic Wand Tool : Untuk membuat seleksi dengan tongkat ajaib. hehe. Sebenarnya ini hampir sama dengan Quick Selection Tool, tapi dengan cara menyesuaikan warna yang ada pada gambar. Pada contoh di atas, saya klik sekali pada baju berwarna putih. Maka daerah berwarna putih di dekatnya juga akan terseleksi. Caranya tinggal klik saja pada daerah yang akan di seleksi. 





Catatan 1 : 
Untuk memunculkan sub-tool pada toolbox (seperti gambar nomor 2,3, dan 4) ada 2 cara : pertama, klik dan tahan lalu geser ke tool yang diinginkan. Cara kedua, klik kanan, lalu klik kiri pada sub tool yang diinginkan.

Catatan 2 :
Untuk menambah daerah seleksi, tekan dan tahan Shift, kemudian lakukan seleksi lagi. Untuk mengurangi seleksi, tekan dan tahan Alt, kemudian seleksi bagian yang ingin dikurangi daerah seleksinya.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. :) 
Jika ingin bertanya jangan sungkan-sungkan langsung komen saja atau kirim email ke saya melalui Menu Contact, atau langsung dengan email.




4 comments:

  1. kalo buat pola pelangi per layer nya beda warna pake selection tool yg mana ya ka?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bales, nggak pernah blogging sekarang. Wkwk.
      Pola pelangi maksudnya tu yang melengkung gitu ya? Kalau mau seleksi kayak gitu,
      Pertama, bisa manual gambar sendiri bentuk pelanginya pake lasso tool.
      Kedua, bisa diakalin pake elliptical marquee tool, yang lingkaran itu lho. Jadi pertama bikin lingkaran dulu, terus bikin lagi lingkaran yang lebih kecil tapi sambil tekan "Alt" (lihat catatan 2 di postingan ini) yg fungsinya untuk mengurangi seleksi. Terus dikurangi lagi pake yang kotak. Dicoba-coba eksperimen dulu aja. Hihihi. Nanti kalau bingung bisa tanya lagi. :D

      Delete